Butuh Inspirasi? Temukan Dalam Segelas Kopi !!

00.29 0 Comments A+ a-

Butuh Inspirasi Temukan Dalam Segelas Kopi !!
BUTUH INSPIRASI ?? TEMUKAN DALAM SECANGKIR KOPI !!
Nyaris semua dari kita mengenal pepatah: ada gula ada semut. Pepatah itu bisa kita modifikasi sedikit: ada kopi ada rokok, maka muncullah inspirasi.

Sering kita jumpai dalam bisnis kopi, dari kelas atas sampai pada pedagang keliling yang ada disetiap pingiran jalanan bahwa mereka menjual kopi selalu ditemani oleh rokok. Bahkan, Sang Legendaris Iwan Fals pun menjadi bintang iklan salah satu dari tiga subjek tersebut, dengan semboyannya Bongkar Kebiasaan Lama! Tidak hanya itu, dalam lirik lagu “Perempuan Malam”, Iwan pun membawa unsur kopi dan sebatang rokok, segurat catatan (inspirasi) tersimpan.


Bahkan Sang Burung Merak, W.S Rendra bahkan menjadikan rokok, kretek lebih tepatnya, dalam karya seninya.

Semua wadah itu untuk menfasilitasi mereka untuk saling ngobrol, melepas lelah, saling tukar informasi, dari persoalan rumah tangga hingga politik. Semua dilakukan dengan media kopi dan rokok, hingga muncul sebuah inspirasi atau ide.

Satu yang pasti, baik kopi dan rokok, sama-sama punya sejarah yang panjang. Masyarakat Ethiopia sudah mengenal tradisi minum kopi semenjak 800 SM. Oleh pedagang Yaman, kopi dibawa ke seluruh dunia.

Begitu pula rokok yang sudah mulai menjadi ritus keseharian sejak wangsa Maya, Aztec, dan suku bangsa Indian Amerika lain. Tembakau yang dibakar dan dihisap melalui pipa ini hanya dilakukan saat ada pertemuan kelompok. Fungsi tembakau yang dibakar itu adalah mempererat hubungan antar suku, juga sebagai media komunikasi. Para suku Indian Amerika ini juga menggunakan tembakau sebagai pengobatan. Dari sana, kopi dan rokok menemukan jalannya masing-masing. 
Di Indonesia, pertautan antara kopi dan rokok bisa ditemukan di kopi Lasem dan kopi Cethe. Mereka tercipta oleh kelompok budaya masyarakat tertentu dalam menyajikan kopi dan rokok, media kopi diidentikkan dalam rupa feminim dan rokok berperan dalam rupa maskulin. 

#HulmiCoffee #Kopi #Coffee #CoffeeIndonesia #KopiIndonesia #Ngopi #Arabika #Robusta #Pagaralam #KopiPagarAlam #KopiSumatera
Like